DISPARBUD Awali Jumat Pagi dengan Pilah Pilih Sampah

Jumat, April 13th - 2018
Home Berita DISPARBUD Awali Jumat Pagi dengan Pilah Pilih Sampah

foto : Bank sampah unit buah naga menjual sampah ke pengepul

       Sampah yang sering kali dipandang sebagai “musuh” bagi sebagian orang, kini dapat membawa banyak manfaat. Dengan adanya gerakan/program Bank Sampah yang ada di Kabupaten OKU, sampah menjadi sesuatu yang memiliki nilai. Melalui SK Bupati Nomor 660/677/KPTS/XXV/2017, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan menjadi salah satu unit Bank Sampah yang ada di Kabupaten OKU. Kepala Dinas, Sekretaris, dan Kepala Bidang sebagai pembina, selalu memberikan motivasi kepada seluruh pegawai agar menjalankan program ini dengan baik, demi tercapainya Kabupaten OKU yang bersih, elok, dan indah. Terlebih Kabupaten OKU telah berhasil memperoleh piala Adipura di tahun 2017 lalu.

Berlatar belakang hal itu, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Ogan Komering Ulu saat ini memiliki agenda rutin Jumat pagi yaitu bersih lingkungan dan menimbang sampah. Dengan penuh semangat, para pegawai Disparbud mengawali Jumat pagi dengan membersihkan lingkungan sekitar kantor dan memilah memilih sampah.

Foto : Memilih dan Memilah sampah sesuai dengan kode sampah

Foto : Nasabah menjual sampahnya ke Bank sampah unit buah naga

Dalam kegiatan Bank Sampah ini, para pegawai dihimbau agar dapat memisahkan sampah yang masih dapat didaur ulang, untuk ditabung di Bank Sampah. Tercatat, sejak bulan November 2017, Bank Sampah Unit Buah Naga Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kab. OKU, sudah melakukan sembilan kali penimbangan dan memiliki 56 nasabah dengan total saldo Rp.1.337.000;. Mereka secara aktif menyortir sampah dan meyetorkannya ke Bank Sampah. Sampah dari masing-masing nasabah akan ditimbang dan dihitung nilainya oleh petugas. Nilai sampah tersebut akan tercatat dalam buku tabungan. Kemudian, sampah yang terkumpul di Bank Sampah Unit kemudian akan dipilah lagi sesuai jenisnya, seperti plastik, kertas, kardus, koran, atau besi.

Harapannya, melalui Bank Sampah dapat menciptakan manusia-manusia sadar lingkungan. Kebiasaan yang dimulai dari individu, keluarga, lingkungan, akan berdampak bagi seluruh lapisan masyarakat. (LS/2018)

Foto : Mencatat hasil timbangan sampah

Foto : Menerima Hasil Penjualan Sampah



Foto : Buku tabungan Bank Sampah Disparbud

error: Hehe...