RUMAH PERADAPAN GUA HARIMAU DI GUA PUTRI DESA BADANG BINDU OKU

Selasa, April 2nd - 2019
Home Berita RUMAH PERADAPAN GUA HARIMAU DI GUA PUTRI DESA BADANG BINDU OKU

Rumah peradapan merupakan sarana edukasi dan pemasyarakatan hasil penelitian arkeologi untuk memberikan pemahaman tentang sejarah dan nilai budaya masa lampau dalam upaya melek budaya pencerdasan bangsa, penumbuhan semangat kebangsaan dan sumber inspirasi bagi pengembangan budaya dan berkepribadian.

Mengapa Gua Harimau merupakan salah satu rumah peradapan? Gua Harimau pernah di huni manusia ribuan bahkan puluhan ribu tahun yang lalu , berbagai sisa kehidupan mereka terdepositkan di dalam lapisan-lapisan tanah di lantai gua, dengan ditemukannya 81 kerangka manusia pra sejarah beserta kebudayaannya. Sisa-sisa inilah yang menjelaskan kepada kita jika dimasa silam gua ini di huni turun temurun dari berbagai generasi ke generasi.

Gua Harimau merupakan center point rumah peradapan yang mempresentasikan perjalanan panjang (paling tidak sebagian besar) peradapan OKU, oleh sebab itulah Gua Harimau merupakan salah satu rumah peradapan yang menjadi soko guru kebhinekaan di nusantara.

Kegiatan Rumah Peradapan Gua Harimau di pusatkan di Gua Putri Desa Padang Bindu Kecamatan Semidang Aji Kabupaten OKU .Selasa (2/4)
Kegiatan ini diikuti oleh sekitar 200 orang murid dan guru dari SMP 22 OKU, yang di hadiri oleh Bupati OKU Drs. H. Kuryana Azis, Plh.Kepala Dinas Pariwisata Sumsel Aufa S Sarkomi, SP.,M.Sc, Kapuslitbang Arkenas Kemendikbud RI Drs. I Made Geria M.Si, beserta rombongan dan Peneliti Arkenas Prof. DR. Harry Truman Simanjuntak sebagai narasumber, serta Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kab. OKU Paisol Ibrahim, SE., MM dan Kepala OPD di Lingkungan Pemkab OKU.

Dalam sambutannya Kapuslitbang Arkenas Kemendikbud RI Drs. I. Made Geria, M.Si mengatakan Gua Harimau adalah rumah peradapan tempat belajar sejarah budaya leluhur . Dengan mengenal budaya leluhur kita akan menjadi bangsa yang berkepribadian dan memiliki peradapan. “Kita tau dari mana asal kita, siapa kita dan mau kemana kita”.

Sedangkan Prof. Dr. Harry Truman Simanjuntak Peneliti Gua Harimau dari Arkenas dalam paparannya mengatakan Kabupaten OKU memiliki sejarah yang panjang. Di Situs Gua Harimau ada 5 point/peradapan :
1. Para leluhur sudah menghuni gua harimau sejak 22.000 tahun yang lalu.
2. Penghuni Gua Harimau di huni oleh manusia modern awal yang terdiri dari dua ras yakni ras Monggoloid dan ras Austalomelanesia. Ada kebersamaan diantara dua ras tersebut , penduduk pertama bisa menerima pendatang baru dan bercampur secara bilogis ,budaya, ada toleransi yang tinggi dalam kehidupan dua ras yang tinggal dalam Gua Harimau
3. Leluhur yang menghuni Gua Harimau sudah memiliki karya seni.
4. Para leluhur di Gua Harimau mampu berinteraksi dengan dunia luar di lihat dari tigggalan budaya perunggu yang didatangkan dari Vietnam (budaya Dongsong)
5.Gua Harimau memberikan kontribusi penting bagi kemajuan ilmu pengetahuan.

Bupati OKU Drs. H. Kuryana Azis dalam sambutannya mengajak para pelajar dan semua pihak di Kabupaten OKU untuk menyebarluaskan tentang potensi Situs Gua Harimau dan mengajak semua pihak terkait untuk melestarikan tinggalan budaya dan pemanfaatan Situs Gua Harimau agar bisa mengangkat nama Kabupaten OKU ke tingkat nasional.

 

 

 

error: Hehe...