Siapa yang tak kenal logo Pesona atau Wonderful Indonesia? Logo ini begitu familiar karena brand pariwisata Indonesia ini terlihat di mana-mana.
Namun, tak banyak yang paham makna dan penggunaannya. Seringkali dijumpai penggunaan logo lama pada poster kegiatan pariwisata atau tertukar antara logo Pesona Indonesia dan Wonderful Indonesia.
Logo Pesona dan Wonderful Indonesia telah mengalami perubahan minor beberapa kali. Perubahan terakhir pada 2017 silam. Sulur-sulur yang membentuk sosok burung mengalami reposisi warna dan tampak sedikit lebih berisi (lihat perubahannya pada poster kedua dan ketiga).
Menteri Pariwisata, Arief Yahya, dalam suatu kesempatan mengatakan, logo Pesona atau Wonderful Indonesia adalah janji pariwisata Indonesia kepada dunia, bahwa Indonesia kaya dengan ketakjuban, dari alam maupun budayanya. Indonesia menjadi tempat bagi semua orang untuk menikmati “World of Wonderful”.
Sosok burung dianggap sebagai simbol hidup berdamai antar sesama, yang serupa dengan lambang Indonesia, Burung Garuda. Pada logo juga terdapat lima garis sulur lengkung yang memiliki makna keseimbangan dan keselarasan manusia dengan alam dan antar sesama di Bumi (lihat makna masing-masing warna pada poster pertama).
Terakhir, perlu dipahami pula bawa logo Pesona Indonesia digunakan untuk promosi pariwisata Indonesia pada media domestik dan Wonderful Indonesia digunakan pada media internasional.
Semoga tidak ada yang menggunakan logo lama dan salah penempatan lagi, ya.
Salam Pesona Indonesia!
(Iv/Iv)
#genpi #genpisumsel #pesonaindonesia #wonderfulindonesia